02 September 2009

Cara menyembunyikan file penting

02 September 2009
Terkadang kita pernah menginginkan untuk menyembunyikan file, baik dengan tujuan supaya file tersebut tidak diketahui ataupun supaya hanya kita dan orang kepercayaan kita saja yang bisa menemukannya (pacar). Misalnya saya punya data yang rahasia, hanya seseorang yang boleh membukanya namun tanpa membuat orang lain curiga, bisa ga ya?
Berikut sedikit trik bagaimana anda menyembunyikan file [rahasia] ke dalam sebuah file:
1. Kumpulkan file yang hendak anda sembunyikan dalam satu folder dan kompres folder tersebut, baik itu anda menggunakan .zip ataupun .rar
2. Ambil sebuah file berformat bebas apa saja, baik itu gambar [.jpg, .png, .gif, .bmp dll], file text atau file-file yang tidak mencurigakan, seperti foto anda, atau ketikan anda [.doc] kecuali file-file musik.
3. kumpulkan kedua file dalam satu directory, dalam kasus ini saya gunakan file-file : fotosaya.jpg, datarahasia.zip, dan saya taruh di drive C:\Documents and Settings\
4. Buka command promp, ketikan seperti beriku
C:\Documents and Settings\>copy /b fotosaya.jpg+datarahasia.zip inihasilnya.jpg
Bila benar akan muncul :
fotosaya.jpg
datarahasia.zip
1 file (s) copied
5. Hasil penggabungan itu adalah inihasilnya.jpg

Anda tidak akan menemukan perbedaan antara fotosaya.jpg dengan inihasilnya.jpg kecuali hanya ukuran file saja yang lebih besar, hal ini karena file secret sudah anda masukkan ke dalam file inihasilnya.jpg.
Untuk membuka file rahasia ini anda cukup klik kanan file inihasilnya.jpg, open with winrar ataupun winzip dan anda akan dapat melihat file secretnya.
Note : Format file hasil penggabungan harus sama dengan file yang digunakan untuk menyembunyikan file secret tersebut.

0 comments:

Post a Comment